(0272) 335 4097 / 0822 1393 8899
0822 1393 8899
0822 1393 8899
sk.edukasi@gmail.com, marketing@skelaboratory.com
Free Ongkir
Untuk pembelian minimal Rp 500.000,-
Info
Alat Peraga dan Laboratorium SKE
Info
Butuh Laporan Pertanggungjawaban? Hubungi Kami

About Us

Logo SKE BOLONG small

 

PROBLEMATIKA & SOLUSINYA

Pemberlakuan Kurikulum 2013 membawa perubahan yang sangat mendasar terhadap proses belajar mengajar di Sekolah. Tidak hanya perubahan pola mengajar, tetapi tuntutan perubahan juga berpengaruh terhadap sarana dan prasarana di Sekolah, termasuk penyediaan alat peraga dan peralatan laboratorium yang memadai. Hasil survey terhadap pengelola laboratorium menunjukkan bahwa 80% dari 150 orang responden menyatakan mengalami kesulitan dalam memilih dan memperoleh alat peraga dan peralatan laboratorium. Mereka beralasan bahwa selain membutuhkan biaya besar, alat peraga dan peralatan laboratorium yang beredar di pasaran tidak memenuhi standar jumlah dan mutu yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah; dan No. 40 tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Jika permasalahan tersebut tidak segera teratasi, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Sekolah akan sangat terganggu. Seberapa besarkah pengaruh alat peraga dan peralatan laboratorium terhadap keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Sekolah? Berikut pendapat beberapa ahli pendidikan :

  1. Fungsi dari alat peraga dan peralatan laboratorium ialah memvisualisasikan sesuai yang tidak dapat dilihat atau sukar dilihat, hingga tampak jelas dapat menimbulkan pengertian atau meningkatkan persepsi seseorang. (RM. Soelarso, 1995 : 6)
  2. Alat peraga dan peralatan laboratorium dalam mengajar memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. (Nana Sudjana, 2012 : 99)
  3. Alat peraga dan peralatan laboratorium sangat berperan penting dalam membangun kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa secara terpadu. (Siswanto, 2013 : 6)

Dapat disimpulan bahwa begitu penting fungsi dan peran alat peraga dan peralatan laboratorium dalam proses belajar mengajar.

Adakah alat peraga dan peralatan laboratorium yang memenuhi standar dan layak direkomendasikan? SKE (Sentra Kriya Edukasi) solusinya.

 

VISI

Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menyediakan peralatan pendidikan bermutu.

 

MISI

Menyediakan peralatan pendidikan bermutu dengan harga terjangkau.

Keranjang>>